3 Oktober 2012

Nama               : Dwi Ayu Kartika

Nim                 : 112022000034

Jurusan            : Ilmu Komunikasi ( sore)

Soal

  1. Rumuskan definisi mengenai humas yang menekankan pada upaya untuk membangun dan memelihara hubungan antara organisasi dan khalayaknya!
  2. Sebutkan perbedaan antara humas dan marketing!
  3. Sebutkan perbedaan antara humas dengan publisitas dan iklan!

Jawab

  1. Humas tidak hanya menyampaikan informasi dari suatu lembaga kepada publiknya tetapi Humas juga menyampaikan gagasan dari publiknya kepada lembaga itu, sehingga tercipta hubungan yang harmonis antara lembaga dan publiknya. Oleh karena itu, Humas memiliki peran penting pada sebuah perusahaan khususnya untuk membuat pencitraan (image) yang baik dari perusahaan tersebut. Citra yang dimaksud adalah citra positif. Contoh, kasus perusahaan Bentoel terhadap produk yang dianggap merugikan khususnya bagi remaja beberapa waktu lalu. Pada kasus semacam ini tugas Humaslah yang paling berat. Pemulihan citra tidak dapat dilakukan dengan cepat, upaya ini pasti akan memakan waktu relative lama. Dan ini jelas tidak menguntungkan. Karena itu, sebelum citra terlanjur buruk, tiap organisasi harus mempunyai penangkal yang dapat memberi peringatan dini terhadap perubahan persepsi lingkungan.Sistem pengkalan semacam itu dapat dijalankan oleh Humas.
  2. Humas
    1. Bertugas menyampaikan apa yang menjadi kebijakan perusahaan.
    2. Menjadi penyampai informasi kepada khalayak yang membutuhkan informasi mengenai perusahaan tersebut.
    3. Humas juga berperan sebagai penunjang atau pendukung keberhasilan management secara keseluruhan. Hal ini dimaksudkan untuk tercapainya tujuan perusahaan.
    4. Membuat pencitraan (image) yang baik dari perusahaan tersebut. Citra yang dimaksud adalah citra positif.

              Mareting

  1. Bertugas melakukan melakukan penelitihan, mendesain produk, mengemas produk, menentukan harga, melakukan promosi dan distribusi produk.
  2. Bertanggung jawab untuk membangun dan mempertahankan pasar bagi barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan.
  3. Marketing dimaksudkan untuk suatu strategi yang dijalankan oleh sebuah perusahaan dalam hal promosi produknya kepada masyarakat.

3.   Perbedaan antara humas dengan publisitas dan iklan

  • Humas

yaitu memupuk hubungan baik dengan berbagai masyarakat disekitar perusahaan dengan mendapatkan publisitas yang menguntungkan, memupuk “citra perusahaan” yang baik, dan menangani atau meredam desas-desus, cerita atau peristiwa yang merugikan.

  • Publisitas (publicity)

yaitu informasi suatu peristiwa (individu, kelompok, produk, dll) yang disebarkan melalui media komunikasi atau pers dan saluran lain, guna menarik perhatian masyarakat.

  • Iklan

yaitu informasi yang ditempatkan di media oleh sponsor yang diketahui membayar untuk waktu dan tempat disediakan. Iklan juga dapat diartikan sesuatu yang dijual melalui media (cetak, elektronik, dan internet) dari suatu perusahaan, dan perusahaan biasanya melakukan kontrak atau perjanjian dengan pihak media untuk membeli agar dapat memasang sesuatu tersebut di media yang dituju.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s